https://4directionews.blogspot.com/p/tema-kebudayaan-indonesia-menyatukan.html

Kamis, 02 Mei 2024

TARIAN SERIBU TANGAN DARI ACEH

 

  Tari Saman: Tarian Seribu Tangan dari Aceh

Oleh Syalsabilah Bunga Putri Anandra

SMA Laboratorium UM

 

http://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2019/08/14/3210817945.jpg

Tari saman dapat dikatakan tarian tradisional Indonesia yang terkenal dan mendunia, serta pernah juga di tampilkan sebagai tarian pembuka ASEAN GAMES 2018. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai sejarah, jenis-jenis, dan keunikan tari saman berikut ini:

Mengutip dari laman kemendikbud, tari saman merupakan bagian dari warisan budaya dan suku Gayo dari Provinsi Aceh di Sumatera. Sebagian besar suku ini menempati wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Kabupaten Gayo Lues saat merayakan peristiwa penting terkait dengan adat istiadat setempat. Syair yang mengiringi tarian ini dilantunkan menggunakan bahasa Gayo. Tarian ini asalnya dari Serambi Mekkah yang dikembangkan oleh ulama besar dari Gayo di Aceh, Syekh Saman.

Tari saman terdapat pengembangan dari salah satu permainan rakyat, Tepuk Abe yang diminati masyarakat pada masa itu. Hal inilah yang membuat Syekh Saman mengembangkan tari Tepuk Abe dan menambahkan syair-syair berisi pujian kepada Allah SWT. Karena itu, tarian ini dapat menjadi salah satu media dakwah pada masa itu. Pada awal perkembangannya, tari saman dinilai sebagai tarian sakral, sehingga tidak dapat ditunjukkan sembarangan. Biasanya, tarian ini dipertontonkan pada peringatan Maulid Nabi.

Umumnya tari saman sering kali ditunjukkan di bale saman atau lapangan kampung pada hari-hari besar seperti acara perkawinan dan sebagainya. Maka dari itu, terdapat berbagai jenis saman, di antaranya adalah:



https://www.selasar.com/wp-content/uploads/2020/07/Jenis-Tari-Saman-Jejunten.jpg.jpg

1.     saman jejunten atau saman yang dilakukan dengan duduk di atas pohon kelapa yang telah ditebang pada malam hari.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZPisJW_Xf4nTIfAqObhXqxAkzxDRV23avUfGmym9hvfvPXnTPtysCway3aUDC1KNK6NdknM0n3BgWsSkrGbBqFx6sV7_8hICpZV2U06R6CItrpxxAIDM-zbELHAEVWowCg3A9INlcBD6x/s640/TS+%25286+of+19%2529.JPG

2.     saman njik atau saman yang dilakukan pada istirahat dikala kegiatan menggirik.



https://www.selasar.com/wp-content/uploads/2020/07/Saman-Umah-Sara-Ngerje.jpg.jpg

3.     saman ngerje atau saman yang dilakukan pada pesta perkawinan oleh pemuda-pemuda.



https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/750x500/webp/photo/jawapos/2019/01/bejamu-saman-tradisi-turun-temurun-suku-gayo-yang-mengakrabkan_m_-1.jpg

4.     bejamu besaman atau saman yang dilakukan pada hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri atau Maulid Nabi Muhammad SAW. Bejamu besaman ini dilakukan dengan dua cara yaitu semalam suntuk (Saman Sara Ingi) dan dua hari dua malam (Soman Roa Lo Roa Ingi) dengan mengundang grup saman dari kampung lain.


https://www.infopublik.id/resources/album/tari-saman-dan-tari-bines/TARI_SAMAN_BALE_ASAM.jpeg

5.     saman bale asam atau saman yang dilakukan pada siang hari untuk memperingati hari besar dan dilaksanakan bersama-sama di sebuah lapangan dan mengundang grup saman dari berbagai kampung untuk bertemu atau bertanding.

Tari saman dapat dikatakan sebagai tarian seribu tangan karena gerakan tangan yang mendominasi. Tari saman dibawakan secara berkelompok, minimal tujuh orang bahkan ratusan atau ribuan orang seperti penampilan tari saman pada pembukaan ASEAN GAMES 2018. Dalam penampilannya, tari saman ditampilkan tanpa iringan musik, tetapi menggunakan suara penari dan tepuk tangan yang digabung dengan memukul dada dan pangkal paha sebagai tanda ketukan dan sinkronisasi.

Para penari saman umunya menggunakan pakaian dengan baju dasar atau baju dasar hitam (kerawang), sulaman benang putih, hijau dan merah, sulaman bagian pinggang (kedawek) dan baju berlengan pendek (kekait), kemudian sarung, dan celana. Selain itu penari juga menggunakan ikat kepala dengan bentuk hiasan melingkar pada kepala penari pria yaitu bulung teleng atau tengkuluk kain persegi berwarna hitam, dan Hijab yang menjadi bagian dari pakaian adat penari wanita yang mengidentifikasikan dirinya sebagai wanita.

Keunikan juga terlihat pada pola yang dipakai penari, yaitu garis horizontal yang umumnya seperti shaf . Setiap penarinya juga duduk secara rapat dan sejajar sebagaimana rapatnya shaf pada saat sholat berjamaah dilaksanakan. Umumnya makna gerakan tari saman melambangkan nilai-nilai ajaran agama islam. Sebagai contoh, gerakan selaku atau gerakan meletakkan satu tangan di dada yang bermakna kerendahan sebagai hamba yang taat kepada Allah SWT.

Seiring waktu, tari saman berkembang menjadi salah satu tarian tradisional terkenal Indonesia, bahkan mendunia, dengan keunikan gerakan tangan yang mendominasi dan penyampaian tanpa iringan musik. Setiap gerakan dalam tarian ini juga menyampaikan pesan-pesan nilai keagamaan. Seperti penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT. Dengan penampilan megah dan makna yang mendalam, tari saman tidak hanya memperkaya budaya Indonesia, tetapi juga menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search